Skip to main content

Tips Ternak Ikan Guppy

Induk guppy betina usia matang siap kawin
Induk guppy betina usia matang siap kawin
Ikan guppy merupakan spesies ikan kecil yang dapat menyesuaikan diri terhadap berbagai lingkungan. Selain itu ikan yang juga sering dipanggil dengan nama million fish ini termasuk jenis ikan yang paling mudah berkembang biak. Hanya perlu beberapa tips untuk mengurangi tingkat kematian pada burayak ikan yang terlihat cantik dan indah ini, antara lain:
  • Wadah yang digunakan untuk pembudidayaan ikan guppy harus dalam keadaan steril atau telah dibersihkan terlebih dahulu untuk mencegah serangan parasit dan sejenisnya pada burayak nantinya.
  • Pemilihan induk dalam usia matang, minimal berusia 5 bulan yang biasanya ditandai dengan terlihatnya organ genital yang terlihat matang, dan kondisi induk harus dipastikan dalam keadaan sehat atau tidak stres (biasanya terlihat lincah dengan nafsu makan yang baik).
  • Kondisi air, akan baik menggunakan air sumur bersih. Namun bila menggunakan air berklorin haruslah diberi obat pelarut klorin. Baiknya volume air minimal satu galon.
  • Pemberian makanan yang cukup bagi burayak. Setelah lahir hingga usia 4 - 5 hari burayak tidak memerlukan makanan karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Burayak diberi makan mulai usia 4 hari berupa kutu air kecil atau Artemia.
  • Dapat dilanjutkan dengan memberikan makanan berupa cacing sutra setelah ukuran tubuhnya sekitar 2 hingga 3 cm.

Video ikan guppy saat melahirkan