Skip to main content

Cupang Alam Atau Cupang Liar

Cupang liar atau cupang alam adalah sebutan bagi beberapa jenis spesies ikan cupang yang merujuk pada jenis ikan cupang selain anggota Splendens Complex. Dimana diketahui terdapat sekitar 73 spesies ikan cupang (genus betta) yang terbagi dalam 13 complex. Sebagian besar ikan cupang alam atau cupang liar berkembang biak dengan cara mouthbreeder atau mengerami telur-telurnya pada mulut induk jantan hingga menetas. Namun sebagian kecil spesies-spesies ikan cupang alam atau cupang liar berkembang biak sama dengan cara dari spesies-spesies ikan cupang dari kelompok splendens complex (ikan cupang yang banyak beredar dipasaran), yaitu dengan cara bubblenest atau menyimpan telur-telurnya pada sarang busa atau gelembung udara yang dibuat induk jantan hingga menetas.

Cupang Alam Atau Cupang Liar

Gambar diatas merupakan salah satu spesies dari sekian banyak spesies ikan cupang yang dianggap sebagai ikan cupang alam atau ikan cupang liar. Adalah Betta Macrostoma atau lebih dikenal dengan nama cupang Brunei, terkait habitatnya yang berasal dari kawasan Brunei. Namun sayangnya ikan yang terlihat cantik ini telah masuk kedalam status rentan dalam daftar IUCN. Maka oleh sebab itu ikan cupang Brunei saat ini termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah Brunei.

Selain betta macrostoma, masih banyak spesies ikan cupang lainnya yang pada umumnya dikategorikan sebagai ikan cupang alam atau ikan cupang liar, seperti betta akarensis, betta albimarginata, betta unimaculata, betta gladiator, dan masih banyak spesies ikan cupang lainnya yang tentunya memiliki pesona alam yang begitu khas.