Skip to main content

3 Spesies Ikan Tetra Paling Unik Dan Mempesona

Ikan Tetra adalah sejenis ikan air tawar kecil yang banyak ditemukan di perairan Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Terdapat lebih dari seratus spesies dari ikan yang memiliki sirip ekor bercabang atau homocercal ini, salah satunya adalah ikan hias neon tetra, yang populer dan banyak dikenal para pecinta ikan hias. Ikan tetra memiliki sirip anal dan sirip adiposa yang terletak diantara sirip punggung dan sirip ekor. Dan sebagian dari spesies-spesies ikan tetra memiliki sisik-sisik yang dapat terlihat seperti menyala ketika terkena cahaya.

Dari sekian banyaknya spesies ikan tetra, sebagian besar kerap dijadikan sebagai ikan hias yang disimpan didalam aquarium. Namun siapa sangka dari jenis-jenis ikan tetra yang banyak beredar atau paling dikenal di Indonesia, ternyata ada beberapa jenis ikan tetra yang tergolong unik serta memiliki pesona alam yang luar biasa namun jarang ditemukan di toko ikan hias di Indonesia. Berikut 3 spesies ikan tetra paling unik.

1. CONGO TETRA
3 Spesies  Ikan Tetra Paling Unik Dan Mempesona

Kongo tetra adalah spesies ikan yang berasal dari Lembah Sungai Kongo tengah, Afrika. ini memiliki tubuh yang berwarna warni dengan warna biru pada bagian atas tubuh, merah di pertengahan, dengan paduan warna kuning keemasan, dan kembali berwarna biru tepat di atas perut. Selain itu ikan tetra yang dapat tumbuh hingga 8,5cm ini memiliki sirip ekor yang begitu mempesona mencerminkan khas alam afrika. Berikut klasifikasi ilmiah Congo tetra.
Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Characiformes
Family:Alestidae
Genus:Phenacogrammus
Species:P. interruptus
Binomial name:Phenacogrammus interruptus (Boulenger, 1899)

2. MEXICAN TETRA
3 Spesies  Ikan Tetra Paling Unik Dan Mempesona
Mexican tetra adalah spesies ikan tetra yang berasal dari sungai di Texas, Amerika Serikat hingga Meksiko bagian tengah dan timur. Ikan yang memiliki warna merah muda keputihan menyerupai albino ini tidak memiliki mata atau pigmen. Oleh sebab itu ikan yang dapat tumbuh hingga 12cm ini juga kerap disebut dengan nama ikan gua buta. Berikut klasifikasi ilmiah ikan Mexican tetra.
Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Characiformes
Family:Characidae
Genus:Astyanax
Species:A. mexicanus
Binomial name:Astyanax mexicanus (De Filippi, 1853)
Synonyms:Tetragonopterus mexicanus De Filippi, 1853
Astyanax fasciatus mexicanus (De Filippi, 1853)
Astyanax argentatus Baird & Girard, 1854
Tetragonopterus brevimanus Günther, 1864
Tetragonopterus petenensis Günther, 1864
Tetragonopterus fulgens Bocourt, 1868
Tetragonopterus nitidus Bocourt, 1868
Tetragonopterus streetsii Cope, 1872

Selanjutnya > 3. DIAMON TETRA