Skip to main content

Mengenal Ikan Cupang Paradise

Mengenal Ikan Cupang Paradise

Ikan Cupang Paradise adalah spesies-spesies ikan hias kecil yang menyerupai ikan cupang sejati (spesies-spesies ikan cupang dari genus betta). Meski bukanlah ikan cupang sejati spesies-spesies ikan cupang paradise merupakan kerabat yang sangat dekat dengan cupang genus betta. Ikan cupang paradise dan cupang pada umumnya atau cupang genus betta, selain tergabung dalam satu keluarga ikan gurame atau Osphronemidae, mereka pun masuk dalam cabang keluarga yang sama yakni subfamily Macropodusinae. Hanya saja ikan cupang paradise merupakan angota dari genus Macropodus, sedangkan ikan cupang sejati merupakan anggota genus betta.

Ikan cupang paradis berasal dari habitat air tawar di Asia bagian timur, seperti Cina, Hongkong, Jepang, Taiwan, dan Vietnam. Sungai, parit-parit, hingga genangan air merupakan merupakan habitat mereka. Berikut 4 jenis Spesies ikan cupang paradise paling dikenal:

  1. Macropodus erythropterus (Freyhof & Herder, 2002) atau Red-backed paradisefish adalah spesies ikan dari genus Macropodus endemik Vietnam.
  2. Macropodus ocellatus (Cantor, 1842) atau Round-tailed paradisefish adalah spesies ikan dari genus Macripodus yang berasal dari China, Jepang, dan Korea.
  3. Macropodus opercularis (Linnaeus, 1758) atau Paradise fish adalah spesies ikan dari genus Macripodus yang berasal dari Asia Timur hingga Vietnam bagian Utara.
  4. Macropodus spechti (Schreitmüller, 1936) atau Black paradisefish adalah spesies ikan dari genus Macropodus yang berasal dari Vietnam.

Klasifikasi ilmiah genus Macropodus:
Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Anabantiformes
Family:Osphronemidae
Genus:Macropodus (Lacépède, 1801)
Type species:Macropodus viridiauratus (Lacépède, 1801)
Synonyms:Polyacanthus (G. Cuvier, 1829)
Pedites (Gistel, 1848)

Newest Post