Skip to main content

Asal Usul Ikan Hias Guppy

Ikan Guppy atau Gupi adalah salah satu jenis spesies ikan hias air tawar yang saat ini tengah populer di dunia. Ikan yang juga dikenal dengan nama suwadakar ini disebut dengan millionfish dalam perdagangan Internasional.

Asal Usul Ikan Hias Guppy

Ikan guppy merupakan spesies ikan asli Amerika Tengah dan Selatan yang menyebar di perairan Kep. Barbados, Trinidad dan Tobago, Antillen Belanda, Guyana, Kep. Virgin, Brazilia, hingga Venezuela. Namun penyebaran guppy ke benua lainnya termasuk Indonesia sebagian besar melalui jalur perdagangan, diketahui ikan guppy masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1920an. Selain dijadikan ikan peliharaan didalam Aquarium, kala itu sebagian guppy dilepas di alam bebas diharapkan menjadi pemakan jentik nyamuk dalam program mengurangi penyebaran penyakit melalui nyamuk.

Oleh karena ikan yang sangat mudah berkembang biak ini termasuk ikan yang pandai beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan, maka penyebaran ikan guppy sangat cepat dan banyak di temukan baik disungai-sungai, selokan, maupun parit-parit dan berbagai perairan lainnya.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Actinopterygii
Ordo:Cyprinodontiformes
Famili:Poeciliidae
Genus:Poecilia
Spesies:P. reticulata
Nama binomial:Poecilia reticulata (Peters, 1859)
Sinonim:Acanthocephalus guppii
A. reticulatus
Girardinus guppii
G. petersi
G. poeciloides
G. reticulatus
Haridichthys reticulatus
Heterandria guppyi
Lebistes poecilioides
L. reticulatus
Poecilia poeciloides
Poecilioides reticulatus