Skip to main content

Mengenal Ikan Cupang Atau Ikan Laga

Ikan Cupang atau ikan laga adalah sejenis ikan hias kecil yang memiliki pertahanan hidup yang sangat baik. Ikan yang di Internasional dikenal dengan nama Betta ini dapat hidup dalam tempat dengan volume air yang sedikit. Ikan cupang juga merupakan ikan yang memiliki karakteristik agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Mengenal Ikan Cupang Atau Ikan Laga

Karena memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik, membuat ikan cupang banyak dipelihara oleh berbagai kalangan baik orang dewasa hingga anak-anak kecil. Pada umumnya ikan cupang dijadikan sebagai hewan aduan oleh karena karakteristiknya yang agresif, maka apabila 2 jantan dewasa ikan cupang disatukan dalam satu tempat, meraka akan saling menyerang atau beradu.

Namun saat ini sebagian besar kalangan dewasa memelihara ikan cupang jenis ikan cupang hias yang memiliki sirip-sirip panjang serta memiliki banyak varian warna pada tubuhnya. Adalah jenis spesies splendens yang telah banyak dikawin silangkan oleh para peternak ikan cupang sehingga saat ini ikan cupang hias memiliki banyak jenisnya berdasarkan bentuk sirip maupun warna warni tubuhnya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Anabantiformes
Family:Osphronemidae
Subfamily:Macropodusinae
Genus:Betta (Bleeker, 1850)
Type species:Betta trifasciata (Bleeker, 1850)
Synonyms:Anostoma van Hasselt, 1859
Micracanthus Sauvage, 1879
Parophiocephalus Popta, 1905
Oshimia D. S. Jordan, 1919
Pseudobetta Richter, 1981

NEXT >> 73 Spesies Ikan Cupang